Cara Merawat Bonsai yang Terlihat Menguning

Tampilan bonsai memang terlihat seperti pohon yang kerdil, namun secara genetik pohon bonsai bukan pohon yang kecil.  Mereka berasal dari benih atau bibit biasa. Sama seperti pohon biasa yang lain, masing- masing jenis tanaman dapat hidup sesuai kondisi iklim yang sesuai. Beberapa dapat tumbuh di dalam ruagan, namun ada beberapa juga yang lebih cocok berada di luar ruangan. Tentunya dengan perawatan dan perlindungan yang tepat.

Cara Merawat Bonsai yang Terlihat Menguning

Kesalahan perawatan atau penempatan bisa menjadikan pohon bonsai menjadi menguning. Terlalu banyak daun yang mengguning bisa saja menunjukan adanya masalah. Namun ada juga pohon yang memang memiliki warna daun kuning, tergantung jenis pohon bonsainya.

Biasanya pohon bonsai mulai menguning karena hal-hal berikut:
  1. Kekurangan air
  2. Paparan dingin
  3. Stres (missal karena dipindahkan dari luar ruangan ke dalam ruangan)
  4. Kekurangan mineral dalam tanah

Solusi apabila pohon bonsai mulai menguning

Penyiraman
Penyiraman adalah hal yang sangat penting untuk kelangsungan dan kesehatan pohon bonsai. Intensitas penyiraman harus disesuaikan dengan jenis pohon bonsai. Perlu juga  dilakukan pengecekan pot untuk lebih memastikan kondisi pohon bonsai.

Penyiraman pohon bonsai baiknya dilakukan saat pagi hari. Lakukan penyiraman tanah dan juga penyiraman daun. Menyiram bagian tanah akan membuat akar bonsai berkembang, sedangkan menyiram bagian daun bisa juga menjaga pohon bonsai agar tetap sehat.

Jika jenis bonsai membutuhkan tingkat kelembaban tinggi, sangat diperlukan bonsai diletakkan di tempat yang memiliki kelembaban tinggi.

Ada satu lagi cara untuk memastikan pohon bonsai agar terhidrasi, yaitu dengan merendam pot bonsai dalam air. Cara ini boleh dilakukan seminggu sekali. Hal ini akan membantu menjaga pohon bonsai tetap terhidrasi.

Menjaga pohon bonsai selalu “bahagia”
Memindahkan bonsai dari satu tempat ke tempat lain bisa menyebabkan daun menjadi kuning. Tak terkecuali bonsai. Pohon bonsai bisa menjadi stres karena hal ini.

Ketika akan memindahkan bonsai, pastikan lokasi dan kondisi sesuai dengan bonsai. Pastikan mengenai suhu, kelembaban, dan cahaya matahari. Hal ini akan menjaga bonsai tetep merasa “bahagia”.


Itulah faktor penyebab bonsai menguning dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para penggemar tanaman bonsai di manapun berada.