Cara Membuat Bonsai Beringin Dengan Praktis

Beringin merupakan sebuah jenis pohon yang memiliki banyak cabang batang dan juga dipenuhi dengan dedaunan. Karena keindahannya tersebut maka pohon ini juga menjadi pohon yang sering digunakan untuk membuat bonsai. Pohon beringin ini bukanlah jenis pohon baru bagi kalangan pecinta bonsai karena memang sudah semenjak lama pohon ini dibuat menjadi bonsai. Hal tersebut dikarenakan pohon ini memiliki keindahan dan kelebihan yaitu mudah tumbuh dan tidak mudah mati. Dan jika anda tertarik untuk membuatnya maka berikut ini adalah cara membuat bonsai beringin dengan mudah dan praktis.

bonsai beringin

Cara praktis dan mudah membuat bonsai beringin
Cara membuat bonsai beringin yang pertama adalah dengan menanam bonsai pada media tanam yang memiliki struktur yang padat dan juga rendah unsur haranya. Hal tersebut supaya bonsai tidak mendapatkan suplay makanan yang berlebihan agar bagian batang dapat dibentuk dengan mudah. Lalu untuk langkah membuat bonsai beringin yang selanjutnya adalah dengan melilitkan kawat ke batang-batang pohon beringin. Pada tahap ini sebaiknya ada gunakan kawat stainless stell supaya tidak berkarat dan akan tetap menjaga keindahan bonsai beringin.

Cara membuat bonsai beringin tahap ini harus dilakukan dengan ekstra hati-hati. Karena jika anda serampangan dalam memasang kawat maka yang terjadi adalah batang pohon anda akan patah. Tentu anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Oleh sebab itu sebaiknya anda bisa menggunakan tang untuk mengarahkan alur lingkaran kawat. Alur yang disarankan dalam membuat bonsai hias beringin ini adalah dari pangkal menuju ke ujung dahan. Dalam proses ini anda juga bisa membuat kawat menempel pada dahan lalu nantinya pada saat kawat dibuka akan tertinggal bekas lilitan kawat yang justru semakin memperindah tampilan bonsai.

Perawatan bonsai beringin
Dan setelah bonsai anda telah selesai untuk dibuat maka cara membuat bonsai beringin adalah dengan melakukan perawatan rutin supaya keindahan dari bonsai beringin anda tetap terjaga. Cara merawatnya pun sangat mudah yaitu anda hanya tinggal melakukan pemupukan dengan kandungan nitrogen, potassium dan fosfor. Dan tak lupa anda juga harus memangkas daunnya secara rutin agar bonsai anda tetap indah.