Cara Menanam Bonsai Secara Hidroponik

Teknik menanam dengan cara hidroponik memang sedang populer hingga saat ini. Pasalnya teknik yang satu ini seakan menjadi jawaban dari permasalahan sempitnya lahan di berbagai daerah di Indonesia terutama wilayah perkotaan seperti Jakarta. Mengapa? Tentu saja karena teknik hidroponik ini menggunakan media air sebagai pengganti tanah yang dibutuhkan untuk melakukan sebuah penanaman. Menanam hidroponik biasanya memang dilakukan pada beberapa tanaman sayuran seperti tomat dan lainnya. Namun kali ini, tanaman bonsai pun bisa ditanam secara hidroponik. Mau tahu caranya? Simak terus ulasan tentang menanam bonsai secara hidroponik ini.

bonsai hidroponik

Menanam Bonsai Kelapa Dengan Cara Hidroponik
Teknik hidroponik memang sangat populer. Tak hanya tanaman biasa, kini tanaman bonsai pun bisa ditanam secara hidropnik. Sebagai alternatif, Kami akan memberikan satu contoh dengan menggunakan pohon kelapa. Menanam bonsai secara hidroponik untuk pohon kelapa sebenarnya hampir sama dengan bonsai kelapa secara umum. Hanya saja ada sedikit perbedaan pada proses penanamannya. Nah berikut langkah menanam bonsai kelapa secara hidroponik yang bisa Anda jadikan alternatif untuk memiliki tanaman bonsai hidroponik.

Menanam bonsai secara hidroponik pada kelapa bisa Anda mulai dengan kelapa yang telah bertunas. Buka serabutnya dengan perlahan dan jangan sampai terputus, lalu tutupkan kembali serabut tersebut pada kelapa dengan mengikatnya menggunakan tali plastik. Lalu rendamlah dalam wadah atau ember berisi air yang bercampur dengan pupuk pelet, garam, vetsin dan 1 sdm stimulan. Biarkan hingga akar memanjang. Setelah itu, serabut tadi dibuka dan pindahkan kelapa ke wadah atau aquarium kecil dengan bagian akarnya yang terendam dalam air.

Selanjutnya, menanam bonsai secara hidroponik ini bisa masuk dalam tahap perawatan. Anda bisa melakukannya dengan menyayat batang sebanyak 3 kali dalam sehari dan juga melakukan penggantian air sekali dalam seminggu. Lakukan secara rutin sampai terbentuk bonsai kelapa yang indah dan unik. Nah itulah cara menanam bonsai secara hidroponik pada kelapa yang bisa Anda praktekkan di rumah. Bonsai hidroponik ini cenderung memiliki harga yang lebih tinggi dibanding bonsai biasa. Selamat mencoba.